You better not to read this!

Taraaa...
entah apa gw yg ketinggalan atau emang si penerbit diem2 terselubung nerbitin buku ke empat dari tetralogi 'Laskar Pelangi' yang berjudul 'Maryamah Karpov' itu , yes, iseng2 jum'at kemarin ke Gramed, eh ternyata udah ada buku itu loh, kok ga pernah dgr promosinya ya? apa gw-nya aja yg kurang beredar?
Yah anw, sempet ga ngeh pas liat, smp tmn gw pingin beli trus gw jd latah mau beli jg haha... jdnya gw niat mau menghabiskan waktu wiken dengan membaca tuh buku aja, dan setelah berbagai macam distorsi2 yang mengganggu waktu baca gw seperti ada tmn yg nelpon, bokap nelpon, desakan untuk berkunjung ke rumah abang, godaan untuk makan dan ngemil sambil nonton TV di luar, sampai mata yg bawaannya mau istirahat mulu alias tidur2an alias tidur beneran hehehe.. akhirnya hosh hosh.. selesai jg nyelesai-in baca buku yg tebalnya 504 halaman ituu.. yay! daaaaan kesan2 gw terhadap buku itu adalaah... klo dari 1-10 bakal gw kasih nilai 7,5. Knp cuma segitu? yep, soalnya jika di bandingkan dengan buku pertama Laskar pelangi itu sendiri, menurut gw jauuh bgt ketakjub-an isi ceritanya. Tapi teteup, untuk penulis pendatang baru, tulisan2 Andrea Hirata ini gw kasih 4 jempol deh, bagus bgt. Masih serat dengan pengupasan budaya2 org Melayu dan penjelasan2 ilmiahnya terhadap suatu teori. Di sertai bumbu2 humor yang ga kalah lucu dari buku2 sebelumnya.
Di buku ini menceritakan kepulangan Ikal setelah lulus dari kuliahnya di Prancis, lalu ada bagian yang menggambarkan kedekatannya dengan sang Ayah (yg bikin terharu), trus lanjutan kisah cinta sepupu-nya si Arai, sampai petualangan Ikal dalam mencari cinta pertamanya, si A Ling. Judul Maryamah Karpov sendiri di ambil dari nama ibu yang mempunyai anak bermana Nurmi pemain biola itu. Klo lupa bisa di liat lagi di buku 'Sang Pemimpi' pas mereka minta makan ke ibu ikal krn saking miskin tidak punya uang dan tdk ada makanan lagi.
Abis baca buku ini, entah knp gw ga gitu puas. Selain bagian akhirnya yang gantung (mungkin bakal di lanjutin lg kali ya), trus karakter Ikal jadi agak sedikit berbeda. ya mungkin ini cuma ego gw sbg pembaca aja yg kepingin baca sesuatu sesuai dengan keinginan gw, dimana gw mempertanyakan klo emang Ikal ini sayang dengan orang tua terutama ayahnya yang cuma pekerja kasar itu, kenapa saat pulang tidak langsung mencari kerja dan membantu meringankan beban orang tuanya untuk kebutuhan hidup sehari2? nah ini malah sibuk sendiri mencari A Ling sampai menerjang ganasnya ombak laut dan resiko bertemu pambajak2 laut yang kejam, belum lagi dengan kesan si penulis dalam menceritakan bahwa ilmu hitam itu lebih hebat dari Kuasa Tuhan.(i told you not to read this, it's very spoiler!! *lgs gw di timpukin org2 yg belum baca hehe..)
Yah ok, mungkin kalo ga ada cerita itu mungkin ga akan seru ceritanya. dan gw ngerti klo ternyata tulisan Andrea Hirata ini campuran antara fiksi dengan perjalanan hidupnya sendiri (gw sempat percaya klo Laskar Pelangi itu 100% kisah hidupnya sendiri). Trus gw jadi inget film Big Fish klo liat cara Andrea menceritakan kisah hidupnya yang kadang suka terlalu di besar2kan. Tapi gw salut dengan imajinasinya yang sangat luas, and he supposed to be like that as writer.
Penasaran? silahkan baca sendiri :D.