Ia menyebut dirinya "Sang Pejalan Jauh"


Aneh..

Menangis hanya krn melihat tulisan dari seseorang yg sm sekali belum pernah aku temui..

Tentang kekagumanku pada tulisan blog seorang Dailynomous, Zy..

Hanya sekali ia pernah membalas emailku

lalu sekali ia pernah meng-Amiin-kan doaku

Dan..

Seseorang itu kini telah pergi..

Untuk selamanya.. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un..

Dan email balasannya itu membuatku sgt sentimentil sekali.. tak berhenti2nya air mata ini keluar saat aku membacanya berulang kali..

Aku sedih.. sekaligus bahagia..

Sedih krn mengetahui dunia ini kehilangan satu orang baik yg mungkin jika ia hidup akan sgt bermanfaat sekali untuk orang lain..

Bahagia krn Insya Allah.. ia sudah berada di sisi Allah SWT,dan kelak akan berada di surga bersama Baginda Rasullullah SAW yg sangat ia rindukan selama ini.. karena ia menjadi muallaf yg taat dan soleh.. sampai ia memilih jalan utk mati Syahid di jalan-Mu Ya Allah..

Ya Allah.. berikanlah kesabaran utk keluarga yg di tinggalkannya.. dan..

Semoga seseorang itu Engkau terima sesuai dgn doa dan keinginannya selama ini..

Aku yakin Engkau Maha Adil dan Maha Mengetahui isi hati setiap orang Ya Allah.. dan aku percaya bahwa ia salah satu orang yang sangat mencintai-Mu Ya Allah..



Amiin..



Ini tulisan terakhir ‘Sang Pejalan Jauh’ itu..




ukhti saudaraku yang aku mendoakan kemuliaan atas ilmu. yang kudoakan tanpa mengurangi kehormatanmu sebagai seorang muslimah…
ukhti saudaraku yang aku mendoakanmu akan imam dalam hidupmu yang mencintai Allah dan RosulNya…
ukhti saudaraku yang aku mendoakanmu agar manisnya ilmu dan iman mampu menyelimuti anak keturunanmu….
ukhti saudaraku yang aku mendoakanmu agar Allah izinkan Al Quran sebagai petunjuk hidup dan penawar luka dan air mata….
ukhti saudaraku. kemarin adalah hari terakhirku berkumpul bersama anak yatim piatu, fakir miskin, dan janda-janda miskin di kota raqqa.
saat perpisahaan sebagian dari mereka memberiku permen dan coklat. dan mereka berkata, “titipkan salamku kepada baginda nabi”
ukhti saudaraku yang aku mendoakan atas kebaikan padamu. akan kutitipkan salam mereka dan salammu atas kesaksianku akan kebaikanmu
ukhti saudaraku yang aku mendoakan keistoqomahan kepadamu, sebelum atau sesudah engkau menikah. agar tetap istiqomah.

Bismillah, inilah pesan singkat seorang muhajirin kpd saudaranya. sekaligus ucapan maaf akan khilaf & kefakiran lisan. mau kau mendengarnya?
ukhti kita memang belum saling kenal. tapi ukhti, jika ini pesan terakhir dari seorang fakir., semoga ukhti bisa ambil ibrah.
ukhti. percayalah kalau yg kita tuju Allah apapun pandangan manusia itu amat kecil. ukhti, kelak bagi para pentalaq dunia ia akan dicaci.
namun ukhti. medan jihad itu keras namun bermartabat. Membenci musuh karena Allah. dan dakwah itu lembut, utamakan akhlak
ukhti. suatu saat akun ini tak memiliki huruf lagi. tapi ukhti, kabarkan kepada yang lainnya bahwa Islam itu indah. cukup Islam ukhti
ukhti tetaplah betprasangka baik kepada ulama harakah apapun, mungkin fakta tak tersampaikan kepada mereka. hingga ringannya lisan.
ukhti. semoga Allah merahmati antum. menjadikan pasangan hidup antum sebagai pasangan dunia akhirat.
ukhti saudaraku yg aku mendoakan kebaikan padamu. 30 negara telah aku lihat dan kutinggali; Allah memilih Syam sebagai pembaringan akhir.
ukhti, jaga senyum org tuamu, saudara muslimmu, dan imam hidupmu kelak. Karena saudaramu banyak kehilangan senyum…
ukhti usap air mata atas tulisan-tulisan ini. Keluarkan air mata akan rasa takut atas tercabutnya iman
ukhti ittaqillah haitsuma kunta.

saudara laki laki mu : muhammad hirohito al indunissy. Wassalamualaikum.



*ditulis dua hari sebelum gugurnya di medan pertempuran



Membaca tulisan ini lagi2, aku bertanya2.. kenapa..? How come.. di usia semuda itu..

padahal ia sudah sangat jelas menuliskan alasan atas pilihan jalan hidupnya di blog pribadinya.. jd tidak seharusnya aku menanyakan lg pertanyaan “kenapa”.

Mungkin aku memang sangat jauuh dr kata alim.. krn aku masih terlalu mencintai dan menikmati dunia yg sementara ini.. sedangkan ia bisa merelakan semua kesenangan dunia.. bahkan istrinya pun sudah rela dgn pilihan hidup suaminya sebagai mujahid.. dan kabarnya sang istri telah melahirkan anak kembar di Madinah. Alhamdulillah..



Aku akan belajar utk mengerti.. seperti katamu pada balasan emailmu, bahwa semua ini sudah di tetapkan oleh Allah SWT, ini isi emailmu yg selalu membuatku menangis saat membacanya:



Allah memberi anugerah kepada siapapun, baik baru diberikan, atau
sudah lama diberikan namun kita tak sadar. kembali lagi pada diri
masing-masing, segala sesuatu telah dicatat indah di lawful mahfuzh
milik Allah. bahkan tatkala kita berbagi pesan di surat elektronik
ini, sudah ditetapkan.

kita pembelajar hingga menutup mata, mungkin dengan telah membaca blog
saya, jadikan itu sesuatu dimana kita mendapat sentuhan sebagai
tambahan hawa semngat dari Allah.

salam untuk keluarga di rumah, semoga Allah jadikan keluarga yang
selalu dinaungi awan keimanan dan keberkahan.

wassalamu'alaikum

hormat saya,

Mohammad Hirohito Aljauzy





Ya Allah.. ternyata tulisan memang punya pengaruh yg sangat kuat sekali ya.. bukan hanya aku yg akan kehilangan ia dan tulisan2nya.. tp semua pembaca yg senang dgn tulisanmu..

Zy..

Semoga kamu sudah bahagia di sana..


Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (Al Baqarah 154)

Allahu Akbar!

"Harusnya ada yang memetik hikmah, bahwa akan ada senantiasa orang-orang yang rela untuk ditinggalkan orang-orang yang dicintainya, tatkala orang-orang yang dicintai sulit menerima arti keindahan manhaj indah dalam naungan AlQuran dan Sunnah. Dan inilah arti asing itu, bersiap menjadi asing untuk tersenyum sekedarnya, bahkan menangis sekedarnya. Sebab senyum dan tangis adalah fitrah, semoga diri ini datang ke dunia diiringi senyum dan meninggalkan dunia dengan diringi tangis di sekeliling. Karena tatkala diri ini datang ke dunia dengan tangis, dan semoga bibir ini tersenyum meninggalkan dunia, dan berucap mesra “bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah”, bukankah itu indah?". -Dailynomous-