100 Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: History
Author:Michael H. Hart
Baca 100 orang tokoh berpengaruh dalam sejarah versi Michael H.Hart, gw terharu dan bangga karena Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang dianggap paling berpengaruh dalam sejarah. Padahal si Michael sendiri bukan orang muslim, yang berarti dia tidak subjektif dalam mengurutkan tokoh2 tersebut. Malahan Nabi Isa, sang pencetus agama mayoritas di dunia, dia anggap ga terlalu berpengaruh dalam penyebaran agama Kristen, melainkan ada St. Paulus yang lebih berperan dalam hal tersebut. Itu juga akhirnya jadi terpecah2, misalnya karena ada Martin Luther yang akhirnya mencetus agama Kristen Protestan. Belum lagi dengan munculnya buku-buku dari St. Augustin, pemahaman agama Kristen tercampur2 dan bertambah lagi. Tidak heran kalau kitab injil ada bermacam2. Jadi kenapa menurut Michael ini Nabi Muhammad SAW pengaruhnya yang paling besar? yaitu karena dianggap manusia yang paling berhasil dalam urusan keagamaan dan juga pemerintahan. Kita semua yang mengenal agama islam dengan baik pasti tau kalau keberhasilan Nabi Muhammad SAW adalah berkat petunjuk dari Allah SWT yang di tulis menjadi Kitab Suci Al-Qur’an, dimana Al-Qur’an dari dulu sampai sekarang adalah satu dan tetap sama, tidak ada penambahan dan juga pengurangan.. Perkembangan agama Islam juga maju dengan pesat saat itu (dan sampai sekarang), mungkin perpecahan dalam tubuh umat islam terjadi setelah Nabi Muhammad SAW meninggal dunia. Sejak saat itu umat membutuhkan sosok teladan sempurna seperti Nabi Muhammad SAW, sehingga untuk para khalifah (sahabat Nabi) yang menggantikannya, terjadi pro dan kontra, bahkan beberapa dari mereka kematiannya ada yg karena di bunuh. Aliran Syi’ah pun muncul sejak Ali Bin Abu Thalib diangkat menjadi Khalifah. Belakangan aliran tersebut jg makin ngaco karena menganggap Ali Bin Abu Thalib r.a adalah Tuhan (kelompok syiah pun terbagi2 banyak jg sih, namanya jg aliran). Berbeda lagi dengan agama Budha dan Kong Ho Cu yang lebih menitik beratkan pada kehidupan di dunia, secara garis besar ajaran mereka memang tidak ada yang salah, karena dengan filosofi2 bahwa kita manusia pada dasarnya baik dan harus berbuat baik pada sesama, tapi tentu saja masalah hidup ini bukan untuk di duniawi semata.

Rata2 sejarah dalam hidup ini ga jauh dari peperangan. Negara yang satu ingin menguasai Negara yang lain, tujuannya juga ga jauh beda dari 3G (Gold, Gospel, and Glory), meskipun Gospel disini menurut gw ga cuma Kristen aja, tapi bisa berlaku utk paham2 lainnya yang bentuknya udah di ubah2. Yang paling mencengangkan adalah penguasa-an Negara dengan tujuan ambisi atau pemaksaan suatu paham, misalnya paham komunisme. Paham ini dimulai dari pemikiran Karl Marx (dibantu oleh Friedrich Engels) , lalu lahirlah seorang pemimpin2 dengan paham komunis seperti Lenin dari Rusia, lalu setelah itu muncul Stalin, seorang diktator kejam, ingat peristiwa Katyn? Dimana puluhan ribu orang Polish di bunuh begitu aja atas perintah Stalin, lalu mayat2nya di kubur di hutan itu, kemudian membuat propaganda bahwa Nazi yang melakukannya (dalam hal ini tidak ada yang baik dan jahat, kedua pihak sama2 kejam pada masanya). Terus ada Mao Tse Tung (Mao Zedong) pemimpin komunis dari Cina, yang jg menghalalkan segala cara untuk mencapai ambisinya utk berkuasa (ingat pembantaian orang2 tibet?). Bisa jadi pemimpin2 seperti ini muncul karena ada ide dari Karl Marx yang menyatakan bahwa satu2nya cara yang paling praktis untuk melaksanakan sistem sosialis adalah dengan cara revolusi kekerasan lalu supaya dijalankannya sistem itu dgn awet maka harus di atur dengan kediktatoran partai komunis. Hal ini jelas sangat bertentangan dengan jalan kehidupan sebagaimana seharusnya. Belum lagi si Diktator dengan paham nasionalis ‘Hitler’ yang tidak kalah kejam, kini pengaruh Hitler lebih banyak ke negatifnya, muncul para rasisme dengan dalih nasionalisme yg lalu menimbulkan kekacauan dan kekerasan dimana2. Pada dasarnya mereka hanya berambisi untuk dunia, karena itu mereka tidak peduli akan hak hidup orang lain. Berbeda dengan agama islam yang menyebarkan agama melalui dakwah dan hanya berperang jika diserang dan dalam keadaan terancam. Bahkan saat perang pun tidak boleh membunuh secara berlebih2an lalu memberi ampun jika musuh sudah menyerah dan dalam keadaan kalah.

Gw bicara begini bukan berarti gw seorang fanatisme ya, karena islam sendiri tidak memperbolehkan hal yang berlebih2an (termasuk fanatisme buta dalam agama). Cuma bener deh, klo kita benar2 mengenal dan mempelajari agama Islam dengan baik, gw yakin siapapun akan jatuh cinta dan meyakininya tanpa ada paksaan apapun. Karena so far, gw belum nemuin ada yang salah dengan ajaran islam, makanya agama Islam di sebut sebagai agama penutup dan penyempurna dari agama2 sebelumnya. Dan seharusnya umat Kristen dan Yahudi mengetahui hal ini karena di kitab Injil dan Taurat terdapat penjelasan akan kedatangan Nabi Muhammad SAW. Cuma sayang karena Kitab mereka sudah tidak orisinil lagi jd mengaburkan pesan2 yang ada di Kitab mereka itu. Nah, kalau ada kita dengar yang aneh2 tentang agama islam, itu udah jelas bukan islam yang sebenar2nya, melainkan hanya pihak2 tertentu yang mengatasnamakan islam untuk kepentingan pribadi atau golongan. Gw sendiri belum punya ilmu untuk bisa dakwah ini itu, karena gw baru dalam batas meyakininya (belum punya banyak ilmu). Dan gw sendiri pun saat ini tidak luput dari perbuatan2 khilaf seperti layaknya manusia kebanyakan, jd gw ga mau banyak bicara dalam hal ini. Mudah2an teman2 bisa mempelajari, mencari tau, dan meyakini sendiri agama Islam ini, Insya Allah akan berguna di dunia dan akhirat.. amiin.
Oh ya, menurut gw buku ini sangat berguna buat pengetahuan sejarah dan referensi kita tentang para tokoh2 terdahulu di dunia. Selain yang gw sebutin diatas, ada para ilmuwan/penemu2 terkemuka, pemimpin2 hebat, dsb.
Selamat membaca :).