No alarms and No surprises..

Entah kebetulan atau gimana, dalam waktu beberapa bulan ini aku di curhati sama beberapa teman laki2ku, yang isi curhatannya kurang lebih  sama. Apakah itu? yup, mereka mengalami kasus serupa, yaitu patah hati karena di tinggal nikah pacarnya. Lalu dengan seenaknya menyimpulkan, "tuh kan, cewe juga bisa jahat dan tidak punya perasaan.. kenapa selama ini predikat brengsek atau tidak setia hanya di juluki untuk laki2". Cowo klo udah patah hati, rasanya logika dah ga jalan. Apalagi ditinggalkan dalam situasi yang tidak siap.  Kadang2 ada yg lgs nekat ikutan ngelamar juga buru2 klo cewenya masih dlm tahap tunangan (blm nikah), tp rasanya ini kurang appropriate ya, ngelamar krn nafsu bukan krn pikir matang2. Atau kadang ada yang jadi benciii bgt sm cewenya, dendam kesumat abis deh karena merasa di khianati, dsb. Syukur Alhamdulillah jika ada yang bisa berhati lapang dan tabah dalam menghadapi situasi seperti ini, bisa berpikir dengan kepala jernih atau menyadari diri sendiri yang mungkin memang belum waktunya berjodoh.
Ok, aku sebagai perempuan tentu berusaha menelaah dari sudut pandang perempuan, kenapa hal-hal seperti itu bisa terjadi. Dan aku tidak mau hanya gara2 ada kasus seperti itu serta merta laki2 menyebut wanita itu makhluk yang tidak setia, karena pasti ada alasannya. Nah alasan2 itu bisa aku uraikan disini:

1. Bisa jadi karena pacaran kelamaan dan tidak jelas mau dibawa kemana. Si laki2 kurang tegas dalam menjanjikan masa depan dengannya, setiap ditanya "kapan nikah?", si lelaki cuma jawab "yah jalanin aja dulu yang..", klo yg nanya org lain, si lelaki bakal jawab dengan tidak yakin "mmm.. ga tau deh, jodoh di tangan Tuhan".Padahal si lelaki kerjanya sudah mapan dengan gaji yang lumayan, jd alasan tidak jelas seperti itu memang patut di curigai. nah dengan melihat ketidak pastian seperti ini, si wanita tentu akan pikir2 lagi dan timbul bermacam keraguan dikarenakan melihat laki2nya ga jelas begitu. Cewe klo udah ragu, pikiran negatif akan berentet dari otaknya, misalnya "jangan2 dia udah ga sayang lg sm aku, jgn2 dia lagi suka sm cewe lain, atau jgn2 dia emang udah punya cewe lain lg, trus jgn2 bukan aku cewe yang mau dia jadikan istri meskipun dia ngakunya sayang bgt sm aku", dan banyak 'jangan2' lainnya lagi.  Jikalau si wanita punya face yang lumayan, tidak heran jika dia akan tergoda untuk berpaling ke laki2 yang lebih jelas. Jelas langsung melamar, dan jelas bukti cinta serta keseriusannya.

2. Ini bisa jadi kebalikan dari yang pertama, jelas sih jelas orientasinya. Ya, pasti nikah dalam waktu dekat! cuma kok setelah di kenal dalam2 tentang pribadi si laki2, rasanya agak kurang pas yah untuk dijadikan suami yang ok. Apa tuh suami yang ok? yaitu suami yang bisa diandalkan dalam menjalankan rumah tangga. Suami yang bisa memimpin keluarga baik dalam hal agama ataupun dalam mencari nafkah yang baik. rata2 cowo jaman sekarang cuma modal ijazah doang, tp untuk ukuran intelektual kyanya kurang banget. Atau kadang ada yang pinter bgt, tp ga punya akhlak. Begitupun sebaliknya, ada yang akhlaknya bagus, tp otak up side down. Otomatis aku menilai org yg terlihat akhlaknya bagus itu cuma teori doang, karena siapapun yang mempelajari dengan baik agama islam pasti tau hakekat2 apa yang baik dalam hidup di dunia ini. Jadi mungkin si cewe jadi ilfil klo liat cowo-nya seperti ini. Kecuali klo si cewe emang "pas2an" dalam arti semua ketemu sm cowo "pas2an" dalam arti semua juga hehe.. ga tau diri klo ada cewe atau cowo pas2an mau cari yang lebih dan lebih lagi.

3. Si cowo pinter, akhlak bagus, tapi sayang masih kuliah. Sedangkan si cewe udah kebelet mau nikah, atau ga jarang karena orang tuanya pingin cepet2 nikahin anaknya sama siapa aja yang melamar biar bebannya berkurang. Yah cowo yang realistis, kadang2 emang ga bs di paksa utk cepat nikah jikalau masih kuliah gitu. Mereka kan mikir mau kasih makan apa nt klo ga ada penghasilan. Yah i know, aku akan mengerti alasan seperti ini, tapi yang aku ga ngerti kalau belum siap nikah saat kuliah, kok dah berani pacaran?? seperti yang kita tau semua, pacaran sudah jadi keterbutuhan dalam melampiaskan kasih sayang dalam diri kita. Coba lain kali kasih sayang itu di buat keluarga dulu ya.. pasti nt ada waktunya di saat yang tepat utk bertemu lawan jenis yang emang udah di ciptakan buat kita, mungkin setelah lulus lgs dpt jodoh. trus buru2 nikah deh tanpa ada halangan apa2 lagi, jangan di tunda. Oh ya, jangan lupa kadang2 ada kok cewe yang mau nikah karena benar2 cinta dan bersedia hidup susah dulu meskipun si cowo masih kuliah dan belum punya kerjaan. Nah justru cewe2 kya gini harus di hargain nih, jarang2 kan..

4. Cowo sudah lulus dan sudah bekerja, tp kerjaannya kurang menjanjikan alias si cowo tidak bisa cari kerjaan yang lebih baik dikarenakan tidak adanya semangat juang yang tinggi. Terus terang cewe itu butuh cowo yang bersemangat dan bisa punya rencana masa depan yang lebih baik. Kalau cowonya orang yang pesimis dan pasrah dengan hidup seadanya, yah cewe jadi mikir dua kali. Cinta sih cinta, tp akan ada masa cobaan dengan rasa jenuh. Jenuh melihat cowonya begitu2 aja ga ada kemajuan. Cewe itu kan bnyk keperluannya, jd jgn dianggap sepele sama keinginan2 wanita yang kadang2 memang banyak maunya itu hehe. Hal ini tidak jarang akan membutuhkan biaya banyak. Meskipun tidak semua cewe money oriented, tp money tetep perlu bang.. so, prepared yourself for a better life.

Jadi klo cewe ninggalin cowonya untuk nikah sm org lain, bisa jadi ada sebab2nya ya (misalnya spt yg aku sebutin di atas).
Trus trus.. kalo dari 4 alasan itu ga ada semua gmn? Maksudnya si cowo udah kerja, akhlak lumayan, smart juga, setia, perhatian, cinta, sungguh2 pasti akan nikah, udah punya rencana masa depan yang matang, dll tapi cewenya masih berpaling juga.. mungkin itu karena.. tampang lo yg kurang ok kali hahaha.. becanda.. itu namanya ga jodoh.. makanya pacaran itu emang suatu hubungan yg ga pasti. Jadi klo mau pacaran yah harus siap juga sama resiko putus di tengah jalan. jangan merasa pasti sm yang blm pasti, mentang2 pacaran trus ngerasa pasti klo dia jodoh lo. Susah prediksi-innya.. karena hati itu tidak bisa di tebak. apalagi manusia kan makhluk labil yang suka berubah2. Jadi aku ga pernah heran sm kisah2 atau kasus2 spt yang dialami teman2ku itu. klo cewe kalian itu cantik, pintar, solehah ya tentu saja ada istilah "siapa cepat dia dapat" hehe.. karena wanita2 yang di beri kelebihan seperti itu punya kesempatan untuk memilih calon suami yang terbaik, beware aja deh.. :p