Singkat cerita dari salah satu Novel Mas Habib (sok kenal :p )

Abis nyelesai-in baca Novelet "Dalam Mihrab Cinta" salah satu karya Habiburrahman el Shirazy.
Jadi nih dalam buku ini ada 3 cerita dan semuanya bagus2.

Cerita pertama ttg Zahrana, seorang wanita yang sudah berusia matang dan berhasil menempuh pendidikan tinggi tp belum2 jg menikah. Yah singkat cerita, inti dr cerita ini pokoknya sabar ajalah jodoh ga akan kemana hehehe.. (males bener nih nyeritain-nya).

Cerita kedua, rangkuman dari novel 'Dalam mihrab cinta' yang akan di terbitkan nt (eh apa udah terbit ya? lg jarang ke toko buku nih). Menceritakan ttg Seorang pemuda pesantren yang bernama Syamsul dimana pada awal cerita di fitnah jd pencuri, sampai dia harus pergi merantau meninggalkan rumah dan keluarganya.. lalu dari sinilah cerita di mulai (baca aja sendiri terusannya :p). Tapi karena ini cuma rangkuman, jd agak gantung karena masih ada kelanjutan kisahnya.. (bisa ajah Mas habib bikin penasaran hehe).

Naah cerita yang ketiga ini nih.. ada kata2 yang gw suukkka dan setuju banget.

Cerita ttg si Zul anak yatim piatu yang sudah tidak punya keluarga lagi di indonesia, lalu dia merantau ke negeri ziran Malaysia. Di sana dia nerusin S2 sambil kerja banting tulang, di bantu dengan teman2 dari indonesia yang sudah lebih dulu di sana.
Ada bagian pas si Zul ini lagi jatuh cinta sm seorang cewe yang saat pertama datang ke Malaysia udah baik bgt bantu si Zul ini. Lalu gara2 mikirin cewe itu terus, dia jadi males kerja, males kuliah, males ngapa2in dan tidak semangat karena merasa ga berdaya apa2 untuk melangkah lebih lanjut.
Lalu Pak muslim, teman satu flat yang paling di tuakan, melihat Zul seperti itu lgs menasehatinya. (ini nih bagian yang gw suka). Nasehatnya kira2 begini:
Jika kamu sedang terkena virus cinta, ada tiga saran yang bisa di ambil,
yg pertama, alihkanlah pikiran2 itu ke hal2 positif. Misalnya dengan bekerja yang giat, kuliah yang bener sampai selesai, lalu cari kerjaan yang mantap dan menikahlah saat sudah siap.
yg kedua, jadilah laki2 sejati untuk melamar wanita itu skrg,  lalu cari rumah sewa yang murah untuk pasangan, cari kerja yang lebih baik, tidak usah takut dengan tdk adanya rejeki. Tapi tetap selesaikanlah kuliahmu.
yg ketiga, jika tidak mau memilih dari kedua saran td.. silahkan tinggalkan flat ini dan jalanilah hidup sesukamu. Karena jika masih tinggal disini dengan keadaan  yang malas2an dan tdk bersemangat spt itu, hanya akan meracuni teman2 lainnya yang sedang berkonsentrasi kuliah dan bekerja keras menyambung hidup disini.
Dari ketiga saran td, si Zul memilih saran kedua, karena ternyata pengaruh virus cinta itu lebih kuat dari apapun. Abis itu panjang lagi deh ceritanya hehe.. (dasaaar, niat ga sih ceritaa).

Pesan moral dalam novel ini banyak bgt deh, apalagi untuk masalah jodoh2an.. kita seperti di beritahu utk selalu sabar, tetap menjaga diri, ikhtiar, dan berbuat baik antar sesama. Belum lagi masalah pendidikan yang kyanya di tekankan bgt sm Mas Habib supaya sebisa mungkin kita mencari ilmu sebanyak2nya. Masalah ekonomi bukan halangan selama kita ada kemauan. Gw jd terinspirasi bgt, soalnya rata2 pemeran2 di novel ini pada S2 semua.. Hmmm.. apa gw nerusin kuliah lagi ya.. (hmmmmm.... berpikir dengan keras). Nt deh Insya Allah.. :)

Udah ah, nulis sambil kerja jd ga konsen.. (ga konsen kerjanya apa nulisnya?)