A Man Who Was Superman (kisah pria kurang waras yg suka menolong)

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Klo film holiwut kelebihannya jago bikin film2 science fiction dgn efek2 khusus yg keren bener, film korea sebelas dua belas sm film india utk bikin film drama yg bisa bikin gw nangis2 darah, saking terharunya.. dem! Gw di bikin nangis smp bangun tidur belek gw banyak bener, udah gitu pas lg ntn si idel pake ngetok pintu lg, jd kepergok deh mata gw bengkak krn nangis abis2an (perasaan gw gampang nangis bener deh klo udah ntn film2 drama gini, eh untung kmrn Meli lg nda mampir Hehe.. :p )

Jadi nih film korea yg bikin gw nangis bombay itu judulnya ‘A Man Who Was Superman’. Sebenarnya pas pertama gw liat covernya udah bikin gw males ntn, krn si pemeran cowonya udah bapak2 gituh. Tp krn itu DVD pinjeman yg hrs segera di kembalikan, terpaksalah gw tonton biar cpt di balikin.

Cerita berawal dgn adegan seorang pria yg tidur di jalanan. Gw pikir, “ini nih superman-nya? Kok pake baju hawai?”. Bangun2 eh lgs lari2 kesana kemari, nolongin nenek2 nyebrang, nolongin ibu2 bawa barang, nolongin org kecelakaan, bantu2 ngatur lalu lintas biar ga macet, trus dia jg nangkep laki2 exhibionist yg biasa nongkrong di sekolahan buat mamerin ‘anu’nya ke anak2 (dih najis ga dimana2 sm aja, ada aja org pervert begini..iih). Selain suka menolong, ia jg berteman dgn anak2. Krn itu semua anak2 di lingkungan sekitar pada senang sm dia. Meskipun dia suka bercerita yg berisi bualan bahwa dia itu adalah Superman, anak2 tetap senang mendengar ceritanya. Lalu karena sikap pria ini yang begitu heroik (menolong dlm batas manusia biasa), ada seorang wanita yg kerjanya bikin film dokumenter utk manusia2 aneh di kotanya, tertarik men-filmkan kegiatan pria itu.
Pas di interview utk memperkenalkan diri siapa pria itu, pria itu mengaku sebagai Superman, dan dia bilang lg ga bisa menggunakan kekuatannya krn ada kryptonite yg di masukin penjahat ke otaknya biar kekuatannya hilang. Tp dia merasa hrs selalu menolong org lain biar ga lupa siapa dirinya.
Dari sini gw lgs mengira2, wah beneran ga tuh, jd ini film Superman versi korea? Atau film drama biasa dgn latar cerita begitu?
Tp lama2 diliat dari gelagatnya, kyanya pria itu emang org kurang waras deh. Dan gw lgs mulai memperhatikan dgn serius bgmn jalan ceritanya, knp pria “Superman” itu bisa jd begitu (yeah secara, gw emang pingin tau film2 ber-genre Mental Disorder, biar ngerti org terganggu jiwanya krn apa). Setelah wanita pembuat film yg bernama Soo-Jung itu mencari tau siapa sebenarnya pria itu, dia meriksa tempat tinggalnya, dan di temukanlah surat dr Rumah Sakit Jiwa tempat “Superman” itu dirawat.
Sebenarnya gw udah mengira2 pasti ada kisah sedih di balik ketidakwarasan pria itu. Dan benar aja, gw lgs nangis menjadi2, abis ceritanya berhubungan dengan kehilangan anak2 dan org tua sih. Menurut gw itu adalah hal yg paling menyedihkan di banding kisah2 roman picisan yg udah sering kita liat.
Cerita flash back pada saat pria itu masih normal sedang berjalan2 naik mobil dgn istri dan anaknya. Sebelum terjadi kecelakaan, anaknya bertanya “ayah itu Superman kan yg bisa nolongin aku kapan aja?”, dan ayahnya menjawab “iya sayang”. Dan entah gmn kejadiannya, adegan bertukar menjadi scene dimana mobil sudah terbalik, dan saat sang ayah sadar dr pingsan, istrinya sudah tdk sadarkan diri, sedangkan anaknya menangis krn terjepit minta di tolong. Ayahnya yg panik, berusaha menolong dgn mengangkat mobil itu tp tdk kuat, anehnya org2 yg melihat kejadian itu cuma bisa nonton tanpa berbuat apa2. Dan saat mobilnya mau di padamkan biar apinya tdk menjalar, dia malah kejang2. Mobilnya-pun meledak, sehingga dia kehilangan istri dan anaknya di depan matanya.
Kejang2nya itu pun ada sebabnya, ternyata pada saat dia berumur 10 tahun, ia di tinggal pergi ayahnya krn sedang ada konflik apa gituh di negara Korea pada saat itu, yg sebelum pergi bapaknya berpesan “ingat, kamu harus selalu menolong orang lain ya, seperti Superman”.
Lalu malam2, saat terbangun dr tidur ia lgs mencari ayahnya, pas keluar rumah tau2 ada peluru nyasar dari jarak jauh nancep di kepalanya. Iya, aneh sekali dia masih hidup dengan peluru di dalam otaknya gitu ya? Gw jg ga ngerti deh.. dan itulah yg menyebabkan dia jd suka pusing mendadak dan kejang2 kya org epilepsi.
Karena latar belakang seperti itulah pria itu jd kurang waras, dan yeah gw setuju klo org bisa terganggu jiwanya krn hal itu. Lucunya, biar gmn-pun org baik pas lg ga waras, ya tetep aja baik. Tp emang sih, klo lg ga waras gitu bisa membahayakan dirinya sendiri jg, krn dia suka berdiri diatas gedung dan merasa dirinya bisa terbang.
Dengan menyindir2 bahwa org yg normal justru malah pada egois dan tdk peduli dgn org lain, trus sedikit mengangkat issue warm global yang sudah semakin parah karena perbuatan manusia sendiri. Film ini sukes bikin gw terharu dgn bagian endingnya.
Setelah pria Superman itu sudah agak sembuh krn sempat di rawat lg di rmh sakit, dia masih sadar klo meskipun cuma sbg manusia biasa tetap hrs saling tolong menolong, dan klimaksnya ia di hadapkan pada pilihan utk menolong tmnnya, seorang anak kecil yg selama ini mau main sm dia, saat rumahnya kebakaran atau tdk usah peduli dan kembali melanjutkan hidupnya saja.
Ok, mungkin sedikit di dramatisir. Tapi gw suka adegan yg wajar disini, alias emang bisa terjadi, pas pria itu akhirnya masuk ke gedung yg lagi kebakaran itu, dia masih kepanasan saat membuka pintu, dan sesak nafas bahkan tdk bisa kembali melewati pintu masuk krn sudah terbakar. Akhirnya ia memilih mengorbankan dirinya sendiri utk loncat dari gedung dan membiarkan dirinya jatuh sambil melindungi anak kecil itu.
Ya, dia meninggal dgn benar2 menjadi pahlawan disitu, bahkan dia juga sempat mendaftarkan diri utk mendonorkan organ tubuhnya jika sewaktu2 dia meninggal dunia.
Gw kaget klo ternyata film ini diangkat dr kisah nyata. Wah jd pria “superman” itu memang benar2 ada ya.. dia hidup selama 27 tahun dalam keadaan epilepsi krn ada peluru di otaknya dan merasa dirinya Superman di tahun terakhir hidupnya. Kasian ya.. hiks.. :’(

Hmmmpphh.. klo aja semua org kurang waras seperti dia, mungkin dunia malah lebih damai kali ya.. ah kya gitu mah cuma ada di film.