Two Matters, 2 wisdoms

Gw mau sharing sedikit sm sesuatu yg lagi gw pikirin saat ini nih..
Jadi kan udah 2 minggu ini ada 2 teman gw yang menceritakan masalah2nya secara intensif, sbnrnya permasalahannya sih berbeda tp dua2nya sm2 menyangkut pasangannya. Anggap aja kedua tmn gw itu namanya A & B (ya elah ga kreatif amat).

Pertama, masalah si A
Ceritanya nih, si A ini kan punya dua anak, lalu dua anak itu punya bapak, dan bapaknya itu tuh adalah suami si A, (ya iyyalah) hehe muter2 :p. Nah, masalah si A ini di mulai sejak suami A yang notabene-nya udah bukan ABG lagi itu bikin account di situs pertemanan bernama eFBe. Meskipun awal2 rada muna' ga mau ikutan bikin2 gituan karena katanya situs2 pertemanan itu cuma buat anak2 dan org2 yg ga ada kerjaan, dsb dsb (sbnrnya suami A ini sendiri jg sdg tdk ada kerjaan alias nganggur), tp toh pas udah bikin akhirnya keranjingan jg ber-eFBe ria.. (bener ga sih ada kata 'keranjingan'? besok cek di kamus bhs indonesia ah :p). udah tuh, krn lama2 setelah A perhati-in suaminya kok dikit2 tiap konek internet pasti buka eFBe, bisa smp jam 2 pagi tiap hari, malah belakangan udah nge-set hp-nya supaya bisa mobile buka eFBe-nya. Si A jd curiga lah, ada apa sih dgn eFBe ini? Lalu krn si A gengsi utk bikin eFBe jg, jd-lah bikin eFBe atas nama org lain lalu nge-add suaminya. Setiap hari si A nge-cek kondisi, situasi dan status eFBe suaminya. Sampai suatu ketika, setelah di perhati-in ternyata ada dua cewe yg intens ngasih komen, bahkan salah satu tmn cewenya itu berkesan kya mau jodoh2in suami A ke tmn-nya. Ya emosi lah si A, kok kya ga di anggap bgt dia sbg istrinya. Lalu singkat cerita terjadilah keributan gara2 itu. Bahkan parahnya A sampai merasa lebih baik pisah aja drpd suaminya merasa terkekang gara2 dia. Ck ck.. smp separah itukah.. Akhirnya suaminya minta maaf dan janji ga akan buka eFBe lg, karena mungkin suaminya ngerti klo A itu cemburu dan cinta sm dia. Apalah arti sebuah eFBe. Ok, udah tuh. Tp eit.. jgn seneng dulu, meskipun suami A dah janji utk ga buka2 eFBe lagi, A ga gitu aja percaya sm kt2 suaminya (cowo gitu loh hehe piss :p). Perasaan A masih ga enak dan curiga terus. Gw dgr td pagi klo A ribut lagi sm suaminya krn masalah itu.

Hmmm... krn niat gw menceritakan ini bukan utk menggunjing (menggunjing? lagi2 nemu kata aneh hihi), gw mau ngasih pendapat utk masalah diatas. Anggap aja yg gw ceritain itu tuh contoh kasus yang banyak terjadi dalam kehidupan rumah tangga.
Menurut gw, keadaan diatas itu bisa terjadi, karena mereka tuh punya pemikiran yg berbeda (mungkin pada awalnya sm). Si A itu berpendapat klo  situs2 pertemanan itu tuh ga penting dan buang2 waktu apalagi buat org yg udah berkeluarga, dimana dalam rumah tangga itu bnyk hal yang lebih penting untuk di pikirin drpd buang waktu utk komen2an dan haha hihi sm tmn2 lawan jenis di eFBe atau situs sejenis lainnya, yg kemudian pada akhirnya bakal jadi masalah (utk org yg udah berumah tangga atau udah punya pasangan). Karena tidak di pungkiri jg klo perselingkuhan itu bisa bermula dari cuma kenalan, chating,  komen2an, imel2an, lalu di lanjutkan dgn kopi darat, trus klo ternyata pas ketemu sm2 suka dan keburu jatuh cinta krn udah sering ngobrol lwt chat, maka bakal ga peduli lagi klo masing2 atau salah satu sbnrnya udah punya pasangan, tp yg namanya cinta kan ga bisa di duga, maka ya terjadilah hal yang akan meruntuhkan atap rumah eh rumah tangga mksdnya :p. Sedangkan klo dr pihak suaminya, niat dia ber-eFBe itu tuh ga lain utk bersosialisasi aja sm tmn2 lamanya dan ga ada kepikiran utk jd ajang selingkuh atau yg aneh2. Gitu doang sih, dan sbnrnya emang bnyk yg punya niat sm kya suami A ini. eFBe itu buat pergaulan aja, biar eksis dan ga ketinggalan. Selebihnya emang ga penting2 amat. Gw sih bisa ngerti pemikiran suaminya ini, krn gw sendiri liat isi eFBe suaminya emang ga ada yg aneh2 dan so far blm ada yg patut di curigai, malahan bnyk kasih status yg menunjukan klo dia sayang bgt sm istri dan anak2nya. Tp pemikiran sang istri dalam biduk rmh tangga mungkin beda ya, krn mereka kan udah ga muda lagi dan mikir buat apa sih utk gaul2 bgt sm tmn2nya, emang ga cukup si istri dan anak2nya aja yg jadi tmn dan sahabatnya utk bersenang2?
Klo gw sama2in dgn pengalaman gw nih, dulu gw pernah punya pacar yang mengaku suka "minum" utk kepentingan sosial aja. Bnr2 alasan yg shallow sekali menurut gw, emang dia bakal ga punya tmn apa ya klo ga ikut "minum"? belum lagi dgn pergaulannya yg biasa utk cipika cipiki sm tmn2 cewenya, menurutnya hal itu udah biasa dalam lingkungan pertemanannya. Hmmm.. dari situ aja pemikiran gw dgn dia dlm hal pergaulan udah beda bgt, gmn untuk masalah eFBe td ya??. Yah jd gw ngerti bgt si A sbg cewe dan sbg istri (nt). Cowo itu emang punya seribu satu alasan utk membenarkan perbuatan dan pemikiran mereka. Mereka lupa utk menghargai pasangannya. Lupa utk  menjaga hati pasangannya. Lupa klo ada seseorang yang bnr2 cinta dan peduli sm dirinya. Dan biasanya mereka (para cowo dan suami) baru sadar dan menyesal klo udah benar2 kehilangan seseorang yg bnr2 mencintainya itu.
Well, utk masalah ini bgmn menurut pendapat kalian? apa gw hrs masukin poling pro kontra di detik? hehehe ga penting yak :p
ok, Neext..

Kedua, masalah si B
si B ini yah klo gw bilang tuh bisa tergolong cowo ganteng, dan gw yakin tiap dia flirting dikit cewe2 pasti bakal klepek2 sm dia.. (jieeh segitu gantengnya kah? btw, klepek? aneh bgt sih kata klepek iniii). Tapi ternyata ganteng itu ga menjamin masa depan sodara2.. hehe.. jd ceritanya B ini kan udah tunangan bulan januari tahun lalu, eh karena terjadi masalah satu dan lain hal, pertunangan mereka kandas pada bulan desember kmrn (lagian tunangan lama2 bener sih..). Pas B curhat, ternyata permasalahan terjadi karena adanya org ketiga, dimana awal bisa masuk org ketiga tuh sejak si B berhenti kerja di bulan Mei dan blm dpt kerjaan baru lagi. Jadi 6 bulan-an hubungan mereka udah ga beres gara2 cewenya di deketin sm cowo yg lebih mapan dan lebih menjanjikan masa depannya. Dalam hal ini udah pernah gw bahas di point nomor 2 postingan blog pertama gw.
Klo ditanya pendapat susah jg ya, soalnya emang dimana2 cewe mencari secure dlm pernikahan. Bukan berarti matre loh.. itu dua hal yg berbeda. Klo matre itu kan udah jelas ga pake perasaan, sm om2 gendut-mesum pun okeh asal kaya. Tp klo mencari sekuritas? seperti layaknya wanita2 yg mencari kebahagia-an, mereka cuma mau hidup normal, dimana normal disini tuh mksdnya ya ga melarat, suami kerja cari nafkah, punya anak, punya rumah, punya kendaraan, bisa ngasih zakat ke org ga mampu, dan insya Allah bisa naik haji suatu hari nt. Nah semua itu kan butuh duit, jd dgn pertimbangan2 spt itulah mereka mencari suami yang rada mapan atau keliatan klo masa depannya akan cerah (entahlah diliat drmn..:p).
Klo di liat dr kacamata B, menurut dia tuh cewenya ga setia, katanya "dia itu kan udah jd tunangan gw, kok bisa ya berpaling jg?". Well2, sepertinya klo baru jd tunangan itu tuh emang blm sepenuhnya terikat. Klo udah jadi istri baru deh, dia punya kewajiban utk setia dan mendukung suami dalam kondisi dan keadaan apapun jg. Begitulah kira2, mungkin.. i'm not sure yet hehe.. :)

Jadiiii.. wisdom dari kedua cerita itu apa nih??
yg pertama sih, ya "hargai dan jagalah perasaan pasanganmu",
dan yg kedua... "if u wanna have a beautiful woman inside of you, please don't be a Los*r okey.." (uppps sorry bro :p )