a relationship is..

Berdasarkan pembicaraan gw semalam sm seorang tmn, gw pikir cukup menarik jg pembahasan kita, dan klo dipikir2 pemikiran gw cukup bener jg ya (jieee sotoy) padahal gw asal ngomong doang hehe..

Awalnya ngobrol basa basi, dia nanya,

 “kapan nikah ris?”, “sama siapa?”, “sm yg dulu knp putus?”, dsb.

Trus gw jawab asal,

“putus yah karena udah ga sreg, dan gw ga bisa maksain diri bersama seseorang yg gw anggap ga sesuai sm gw”, dan gw lanjutin,

“kebanyakan pasangan yg –padahal baru pacaran- udah merasa nyaman dan terlalu ‘confident’ klo pasangannya ga bakal kemana2 lagi karena ngerasa dah yakin banget sm pasangannya, jadi sikap dan afeksi dah ga gitu di perdulikan lagi”.

Dia menjawab, “iya ya.. betul”

Gw bilang lagi, “iya kan? Padahal yang namanya perasaan pasti bisa berubah, apalagi klo belum ada ikatan pernikahan”. Makanya ada istilah ‘ilfil’. Itu kenapa? Banyak alasan untuk hal ini, bisa karena si pasangan yg ditinggalkan itu kurang menghargai, kurang menghormati, kurang perhatian, kurang dewasa, kurang baik, dsb. Itu sikap afeksi. Selain itu bisa jd karena sifat/pribadi secara umum (bukan hanya ke pasangan), misalnya karena jorok, kasar, bau (pengaruh loh, misalnya BB, BM, BK=> denger lagu Project P deh hahaha), lemot, dsb. Hal ini berlaku ke laki2 dan ke cewe jg, sama aja. Nah biar pasangan kita ga ilfil gimana cara mengantisipasinya? Mudah sebenarnya, tp ga mudah2 amat sih.. yg penting kan usaha dulu. Yah caranya tuh dengan memperlakukan pasangan sebagaimana kita pingin diperlakukan, gitu aja. Mudah kan? Iyah bener mudah, itu klo kita punya ketulusan hati terhadap pasangan kita, tulus dalam arti yah ikhlas aja ga usah berharap balik. Bisa ketauan kok pasangan kita worth atau engga yah dari situ, klo kita dah bersikap baik, perhatian, dll tp ga dihargain, yah bisa jawab sendiri gimana penilaian kita terhadap dia. Bener ga?

Nah.. kadang2 yg suka terjadi begini, saat si-yg di pihak baik- udah merasa ‘enough’ (kesabaran habis), trus mutusin atau ninggalin gitu aja, si-yg banyak salah- langsung nyesel dan pinginnya minta balik utk diberi kesempatan sekali lagi. Klo itu sih untung2an, karena kadang perasaan dah ga bisa dibohongin lagi, bisa habis begitu aja (bener2 ga ada perasaan lagi) even selama ini kyanya keliatan sayaaang bgt ma kita (halah ini mah bisa dibuat2, istilahnya fake, banyak yg tertipu dengan tipu muslihat dari kata2 “sayang”). Sedih jg sih klo ada yang ngalamin kya gitu (minta kesempatan tp ga dikasih),cm itu bisa jadi suatu hal yg baik buat kita jg loh.. daripada kita tetep di kasih kesempatan utk sama2 padahal doi dah ga mau sm kita, kan maksain diri malah makan ati selama menjalin hubungan itu. So, mendingan kita ikhlasin aja deh, dan merenung kenapa kita bisa diputusin atau ditinggalin tanpa ada kesempatan lagi, itung2 buat shock terapi jg, ga perlu tumbuh perasaan benci, dendam, dsb karena ini ga guna. Kesal dan sedih karena diputusin atau karena dah terlalu percaya diri klo kita ga bakal ditinggal yah wajar.. tp balik ke awal omongan tadi “perasaan bisa berubah, teman”.kita harus sadar itu dan org lain ga bisa disalahkan karena hal ini, ujung2nya yg gampang, paling bilang, berarti belum jodoh kali, dan yakin aja deh, klo apa yg menurut lo buruk (putus cinta) belum tentu buruk loh, bisa jadi itu adalah suatu awal yang baik :).

Lalu teman gw itu menambahkan,

“iya betul banget ris, klo menurut gw pdkt itu gampang ya, yang susah malah maintain hubungannya, bener ga?”

gw jawab, “iyap, benar sekalih ;) ”.

Tapi susah2 gampang bro, klo suatu hubungan yang wajar2 aja dan kebetulan kita dapat pasangan yang sepikiran-sejiwa-sehati, biasanya ngejalanin hubungan bersama itu ga jadi susah, malah masalah bisa datang dari luar (misal: klo pasangan yg udah nikah, cobaannya dari belum dikasih anak, si suami di PHK lalu susah cari kerja, mertua rese, ipar rese, ada cewe genit yg ganggu suami atau cowo ga tau diri yg ganggu si istri => lalu cewe/cowo freak ini suka bertindak nekat bahkan ekstrim demi ganggu rumah tangga org, dsb), maksudnya tuh maintain si pasangan-nya sih ga susah, tapi jd berat gara2 cobaan dari luar yg ga disangka2 itu, ada aja deh. Nah, tingkat kedewasaan orang bisa teruji dan terlihat disini, kalo masalah disikapi tidak dengan cara bijak, yah wasalam. Cuma klo dua2nya, saya ulangi DUA2NYA (si istri dan si suami), bisa mengatasi dan menyikapi masalah bersama, mudah2an mereka aman. Kenapa gw tegasin harus dua2nya tadi? Yup, karena rumah tangga itu menjalani segala sesuatu bersama, suka dan duka bersama, klo dah sendiri itu mah bukan rumah tangga, tapi kawin kontrak kali (ga tau mengistilahkannya apa). Suami dan istri yang saling mencintai dari lubuk hati paling dalam, pasti akan lebih mengenal diri pasangan masing2, paling mengerti (dan menerima), lalu yang pasti mau memaafkan.

Nah dari pembicaraan ini kita bisa ngambil kesimpulan, bahwa setiap pasangan di dunia ini nyaris ga akan terhindar dari masalah2 kya gini, perasaan manusia itu adalah hal yg paling complicated, ga bisa ditebak. Kita yg merasa normal cuma perlu bersikap baik aja dan tanpa ngarep imbalan. Dan kita punya hak utk dihargain, klo udah merasa ga dihargain, kita boleh memilih jalan hidup yang lebih baik lagi dan menjalani hidup bersama seseorang yg paling worth pastinya, even seseorang worth itu ga sempurna jg, makanya disini jg harus ada toleransi, sikap nyeimbangi pasangan kita. Moga2 klo kita dah di kasih jodoh yang baik buat kita ya Alhamdulillah, berarti itu rejeki ^_^, jadi tugas kita adalah bersyukur, caranya bisa dengan memperlakukan pasangan kita sebaiik mungkin, disayangin, dijaga, di temenin, didengerin, dihormatin, dihargain, dan di di di lainnya hehhehe.. udah ah.. sok tau deh gw (dasar Miss Teory  ;)).. )