Udah sholat belum?

Wah ga berasa udah bulan puasa lagi euuy.. Sehubungan dengan bulan Ramadhan ini.. aku mo bikin renungan sedikit, tadinya mo buat diri sendiri aja, tp ga ada salahnya kan di share jg :).
Mudah2an tahun ini aku dan teman2 ibadahnya lebih baik dr tahun2 sebelumnya (kali ini hrs konsisten! eeeh tapi kok masih suka males tarawih di mesjid niih, hayoo..).
Jd inget bulan puasa yg dulu2.. dimana bulan puasa itu kan jd ajang bersilaturahmi bertemu dgn tmn2 lama yg dah lama ga ketemu dengan bikin acara buka bersama, atau pernah jg dulu ikutan teman yg bikin sahur on the road gitu, bagi2in makanan sahur ke org yg ga mampu yg tidur di jalan, yah beramal kecil2an.. (seru jg tuh waktu itu, jd pingin ngadain lagi, tmn2 pd hayo2 aja sih tp ga jalan2).
Eeh balik ke renungan td.. nah yg ironis disini nih.. semua itu positif, ya silaturahmi dgn acara bukber ataupun beramal dgn ngadain sahur on the road tapiiii…
Jd ceritanya gini, waktu itu (bulan puasa beberapa tahun yg lalu), aku diajak buka bersama sm tmn2 lama di citos, waktu itu kira2 ada sepuluh org deh kurang lebih. Nah udah magrib tuh, kita buka pake teh anget yang di sedia-in restorannya. Abis itu baru kita pesen2 (br pada dtg pas mepet2 magrib), kira2 makanannya dtg kurang lebih 15 menit lah.. trus makan, selesai makan ngobrol2, becanda2, ketawa2, nostalgila.. laluu.. aku baru ngeh, udah pada selesai makan tp kok ada yg aneh disini.. kok  pada ga beranjak utk sholat magrib dulu yah.. sedangkan 10 menit lg dah mo isya. Aku sendiri dulu jg sholatnya masih bolong2, masih cuek dgn sengaja ninggalin sholat (ga bangga deh beneran). Tp klo dah lg di bulan suci Ramadhan gitu, pinginnya sih mo ibadah full. Begonya waktu itu, kok tengsin mo ngomong “eh gw sholat magrib dulu yah”, yg ada malah kependem dan ikut cuek..dan waktu isya pun sdh masuk. Jadilah ninggalin sholat hiks :’(. Engga bgt deh kya gitu lg.
Lalu yg sahur, rasanya wkt itu seneng dan bangga bgt deh ikut rame-in acara2 positif gitu, ga nyangka aja tmn yg biasa dugem atau nongkrong2 ga jelas gitu bisa kepikiran bikin acara positif (jd ceritanya ini pertemanan sekelompok club mobil, aku sih cuma ikut2an ajah). Ya udah, jd wkt itu kita konvoi keliling Jakarta, nyari2 spot yg kira2 bnyk fakir miskin atau tuna wisma dijalan, klo kita liat org tidur di jalan lgs berhenti dan bagi2in makanan.. waktu itu kita sedia-in 100 nasi bungkus, abis jg setelah keliling jkt selama 2 jam. Nah, stlh itu balik ketempat tongkrongan mereka, dan kita makan sahur disitu. Lalu.. kejadian hampir sm.. abis makan sahur setelah kira2 udah masuk subuh kita berhenti makan tuh, tapiii.. kok ga ada yg beranjak utk cari mesjid yah utk sholat subuh.. malah pada tidur di mobil, atau pada ngobrol, becanda, ketawa2, nyela2, dll.. dan waktu subuh pun lwt. Saat itu aku jg masih ngikut aja, mikir sih iya.. eh dah subuh nih, tp ga bisa di ungkapkan utk ngajak sholat subuh yok.. bego bgt deh..
Kira2 begitulah pengalaman ironis di bulan Ramadhan wkt dulu2. Ironis ga? Puasa tp ga sholat, sia2 ga sih puasanya? Jawab sendiri deh.
SHOLAT. Hmm.. mungkin sholat itu adalah hal yg mudah bgt dikerjakan tp beraaaat bgt dilaksanakan. Knp bisa begitu yah? Ada beberapa pendapat tmn2 (atau mungkin pendapat aku waktu dulu), begini pendapatnya: “yaah sholat itu nt aja klo dah waktunya tobat, skrg masih ngerasa belum bener, kan ga enak setengah2”. Wuih agak absurd yah dengernya, kok bisa kita manusia nawar2 gitu dan ngatur2 gitu. Klo sebelum tobat dah mati gmn? Ga dikasih kesempatan buat sholat lg. Agak bingung jg yah kok dulu aku/ada tmn2 yg kepikiran gitu. Padahal jelas2 sholat itu kan kewajiban umat islam, ga bisa ditawar. Ga lucu bgt klo ada org bilang: “iya, gw yakin kok sm Allah SWT.. yakin di dalam hati gw yg paling dalam.. dan sholat itu urusan gw pribadi sm yg Di Atas.. lagipula yg lebih penting kan kita berbuat baik kpd sesama dan ga berbuat jahat”. Ngomong begitu tp terang2an ninggalin sholat. Jd bukti yakin-nya darimana??
Aku pribadi sih akuin, aku jg masih pelan2 lg mendekatkan diri ke agama.. blm sempurna bgt.. sholat subuh jg masih suka kesiangan (dimana kt siapa gitu, -bos kyanya- bilang klo kesiangan tetep sholat aja, yg penting jgn biasa-in ninggalin sholat, nt jd kebiasaan). Yah kesiangan-nya jg ga keterlaluan lah, paling jam 6-an  paling siang (ga bangga kok sholat subuh kesiangan). Emang sih klo dah ngomongin sholat itu urusan pribadi masing2, tp akhir2 ini aku kan di kasih pinjem bacaan kisah2 Nabi dalam Al-Qur’an gitu, di situ di tekankan bgt klo manusia di ciptakan ya ga lain utk menyembah Allah SWT. Jd pada jaman2 Nabi dahulu, Nabi itu diutus sm Allah SWT ya utk menyadarkan kaumnya yg udah nyeleneh dengan nyembah Tuhan selain Allah SWT. Dari jaman Nabi Nuh smp Nabi Muhammad SAW, pasti masalahnya begitu. Krn kita skrg dah ga ada Nabi yg diutus jdnya emang berpegang pada Al-Qur’an aja (utk org2 yg berakal). Tapi kenyataannya, orang2 dah pada cuek. Malah dengan sengaja dan sadar ngelakuin dosa kyanya enteng bgt. Mungkin berhala-nya jaman skrg tuh udah berganti model yah bisa jd Teknologi, musik, “cinta”, actor/artis, dll.. yg lebih di pentingkan dan di gila2i di banding inget atau sujud kpd Allah SWT. Atau ada yg lucu lagi, ada yg sholatnya rajin, tp maksiat jalan terus.. wah ini jg yg aneh2 aja nih.. kyanya agama itu udah jd ‘joke’ bgt..
Hmmmph… sedih jg yah.. kok kita manusia bisa kya gini. Mentang2 dikasih akal bukannya di pergunakan utk kembali kepada-Nya, tp malah jd merasa pinter sendiri. Malah bnyk org yg jd sombong dan merasa udah sempurna hanya krn dah punya harta berlebih atau punya otak yg cemerlang, coba klo tiba2 hartanya abis/atau tiba2 lumpuh, atau ilang ingatan/hilang akal gitu, mo ngomong apa coba? Apa daya kita klo udah begitu? Mau sombong kya gmn lagi?
Yah mudah2an aku ga cuma asal ngomong aja, bnyk omong tp diri sendiri ga sesuai kya yg diomongin (yg bilangnya mo deketin diri ke agama) kan engga bgt deh.. mudah2an aku selalu di tempatkan pada lingkungan yg baik, terjaga dari org2/hal2 yg menyesatkan.. dan semoga selalu di temui kpd org2 baik dan beriman.. jd aku bisa ngikut dan menyerap yg baik2 jg.  Insya Allah..