Beautiful View

Namanya Rien. Aku bertemu dengannya kemarin sore, saat dia dengan suaminya lewat kost-anku. Sudah 3 bulan sejak suaminya datang lalu ia pindah ke kost-an yang bisa suami-istri. Seperti biasa, ia selalu ramah dan tersenyum setiap bicara, tidak lupa ia kenalkan suaminya, yg saat itu tidak mau bersentuhan tangan denganku, tapi tetap tersenyum dan tidak berlama-lama memandangku. Setelah berbasa-basi sebentar, mereka pun pamit. Aku melihat mereka dari belakang, suaminya memegang tangan Rien, seperti layaknya pasangan yang baru menikah. Mesra sekali. Hmm.. padahal kulihat suaminya biasa saja, tidak terlalu ganteng, lumayan manis sih (krn senyum kali yah), sederhana dan kalem. Tapi entah kenapa aku iri pada Rien.

Aku teringat obrolan aku dengan Rien beberapa bulan yang lalu, belum lama aku mengenalnya, aku mengira ia masih single atau belum menikah. Mukanya masih seperti anak-anak, tapi dari cara bicara sudah sangat dewasa sekali.

“ooh.. Rien sudah menikah?? Wah ga keliatan ya.. trus kok ga sama suaminya?”. Aku sempat terkejut mendengar ia sudah menikah.

“iya, untuk sementara ini suamiku di Bandung, nyelesai-in kuliahnya.. tapi sebentar lagi udah mau sidang kok.. Insya Allah lulus”.

“oh masih kuliah ya? Mang Rien nikahnya umurnya berapa? Masih pengantin baru ya? Sedih dong klo baru nikah udah lgs jarak jauh..”

“Aku nikahnya udah 2 tahun yang lalu, waktu aku umur 21.. yah Jkt-Bdg ga terlalu jauh juga kok, tiap minggu aku bisa pulang”

“iya ya, masih di Bandung sih ga terlalu jauh.. mmm.. udah punya anak Rien?”

“Belum nih, belum dikasih.. ya belum waktunya kali yah..”

“Susah ya punya anak klo masih jarak jauh gini. Eh Rien, ceritain dong gimana kok bisa nikah muda? Gimana rasanya?”. Aku penasaran.

“Ehhhmm.. enak dan bahagia hehehe.. waktu itu aku juga ga terlalu dipikirin kok utk mo nikah muda. Jadi ceritanya, aku kenalan sm dia udah lama, pas masuk kuliah.. abis itu ga pernah ketemu2 lagi karena kita beda jurusan.. nah ketemu lagi pas aku masuk organisasi kampus yang ternyata dia jg dah masuk organisasi itu duluan. Karena banyak aktivitas bersama2 dan dia sering nolongin aku.. jadinya kita sama2 suka deh hehe..”. Rien bercerita dengan semangat.

“Trus trus..”

“Nah, karena dia dr keluarga yg agamanya kuat, ga lama dari pernyataan 'suka' dari dia, dia langsung melamarku bersama dengan orang tuanya. Karena kebetulan keluargaku jg mempunyai paham agama yg sama, maka kami pun menerima mereka dengan baik. Abis lamaran, 1 bulan dari situ kita langsung menikah di mesjid dan makan2 aja. Ga pake resepsi gede2an, yg hadir juga cuma org2 terdekat aja”.

“saat itu Rien dan suami masih kuliah bukan? Trus tinggal dimana? Suami Rien cari nafkah gmn?”

“Waktu awal2 menikah semua biaya kehidupan sehari2 masih dibiayai orang tua suamiku, tp lama2 suamiku ga enak, jadi mulai cari2 kerjaan dan Alhamdulillah langsung dapat, tp demi membiayai kuliahku dan biaya sehari2, kuliahnya sendiri jd terbengkalai. Nah, berhubung aku udah lulus duluan, jd skrg gantian aku yg kerja sampai dia lulus. Klo dibandung kita tinggalnya ganti2an, kadang di rumah orang tuaku, kadang ke rumah dia, gituu”.

“oooh begitu… ck ck.. hebat yah Rien.. suaminya seumuran ya?”

“iya beda beberapa bulan aja, tp ga ngaruh kok.. dia lebih dewasa dari umurnya.”

“oh I see.. trus Rien, untuk masalah kecocokan gimana? Kok bisa tanpa pacaran langsung memutuskan menikah gitu? ga takut nt kaget klo ternyata dia orgnya ga sesuai harapan?”.

“kebetulan karena aktivitas kita bersama2 di organisasi kampus itu, dalam waktu satu tahun aku jadi mengenalnya. Orangnya sangat baik dan sabar. Klo ngomong ke orang tuh sopan banget. Aku suka karena dia orgnya sangat penolong sama siapa aja. Aku aja yg cewe kadang2 suka ga sabaran, tp dia cowo malah lebih tenang. Ya gitu deh.. klo dia ke aku? Yah tanya aja sendiri, knp dia bisa suka hehe..”.

Aku tersenyum mendengarnya. Aku kira cerita seperti ini cuma ada di novel2 islami, ternyata di kenyataannya ada kok. Dan terbukti dari si Rien ini klo setelah menikah hidup jadi lebih tenang dan bahagia, apalagi menemukan sosok suami yang lembut dan baik hati kya gitu. Hmmm.. menurutku sih, suami Rien itu bisa terbentuk menjadi seperti itu, ya karena didikan orang tuanya, sehingga menjadi pribadi yang santun dan berjiwa penolong. Dan lagi orangnya sangat menghindari hal2 yg bertentangan dengan agama, jarang sih ada cowo yg kya gitu jaman sekarang. Cowo kya gitu pasti dibilang terlalu naïf, tp suami Rien itu berani melangkah karena punya keyakinan yg kuat jg.. Mudah2an org seperti mereka selalu dilancarkan rejekinya. Amiin.