A Thousand Splendid Suns

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:khaled hosseini
Buku ini mengisahkan kisah tragis seorang perempuan bernama Mariam yang terlahir sebagai harami (anak haram), mulai dari hinaan2 ibunya sendiri, tidak di akui oleh ayahnya, mendapat suami yang temperamental dan cuma menganggapnya sebagai pembantu (KDRT abis deh), sampai harus mengakhiri hidupnya dengan tragis. Kasian sekali..
Lalu ada karakter perempuan lain yg bernama Laila, istri kedua suami Mariam yang mempunyai anak diluar nikah.
Kisah mereka berdua cukup menggambarkan bagaimana kerasnya hidup di negara Afghanistan, dengan latar belakang perang yang tidak ada habis2nya dikarenakan keadaan politik yang tidak pernah menentu (setelah perang dgn Soviet, berlanjut ke perang sipil, lalu sekarang perang sm Amerika.. pdhl setau gw dulu Amerika yg nge-bantu mereka suply senjata deh.. kacau kacau..).., belum lagi menghadapi masalah kekeringan pangan, pergantian musim yang klo musim panas bisa panas banget, klo musim dingin bisa dingin banget (bersalju), lalu tidak mempunyai hak kebebasan dalam hidup (hidup di negara ini sangat2 terkekang terutama buat kaum wanitanya).

yah anw, dengan nge-baca buku ini pengetahuan gw jd bertambah banyak terutama jd tau bagaimana keadaan yang sedang terjadi di Afghanistan dari dulu smp sekarang. Dan gw jd bersyukur tinggal di negara Indonesia yang lebih damai, aman dan tentram ini.