Takdir




Jika apa yg di sebut takdir itu adalah ketentuan yang sudah di tetapkan oleh Allah SWT, apakah pilihan hidup kita-pun sudah termasuk dalam ketetapan itu?
Ya, sepertinya. Karena setiap langkah yang kita pilih, pasti akan berbuah nasib. Dan nasib itulah yang masih menjadi misteri, bagaimana hasil yang akan terjadi dari apa yg kita lakukan. Kita cuma bisa prediksi aja, berharap kalau2 semua sesuai dengan rencana/kenginan. Ikhtiar, berdoa, selanjutnya Lillahi ta’ala.
Itulah hal2 yang selalu berusaha kita amalkan dalam kehidupan sehari2.
Klo diambil dari ayat dalam Al-Qur’an ada dua hal ttg takdir:

Katakanlah: "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan orangyang Engkau kehendaki; Engkau muliakan orangyang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan; sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS 3 : 26)

Lalu ayat yg menunjukan hal yang sebaliknya:

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS 13 : 11)

Klo diliat dari 2 ayat ini bukan berarti Allah SWT itu tidak konsisten dgn ayatnya.
Mungkin klo di analogikan tuh begini, anggap kita ini manusia punya pilihan untuk melangkah dalam jalan hidupnya, ada jalan A, B, C….Z. Nah setiap jalan itulah Allah SWT sudah menetapkan takdirnya.
Karena kita manusia kan di beri kelebihan akal untuk memikirkan bagaimana dan kemana dalam melangkah dan memilih jalan hidup sendiri. Di tambah kita sudah di beri pedoman dan petunjuk untuk melangkah ke jalan yang benar. Tinggal tergantung dari keinginan kita aja apakah ingin mengikutinya atau tidak, lebih baik lagi klo kita mempunyai suatu tujuan yang pasti dalam hidup kita, sehingga alam-pun mengikuti dan membawa kita kepada tujuan kita. Bahkan udah banyak cerita klo segala sesuatu yang ga mungkin bisa jd mungkin karena adanya keinginan dan keyakinan yang kuat itu.  

Wallahu'alam..